Image of PENGARUH VARIASI PUTARAN MESIN TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PENCACAH PLASTIK

Text

PENGARUH VARIASI PUTARAN MESIN TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PENCACAH PLASTIK



Plastik adalah istilah umum bagi Polimer,material yang terdiri dari rantai panjang karbon dan elemen-elemen dibuat menjadi berbagai bentuk dan ukuran. Plastik dibuat dengan cara polimerisasi yaitu menyusun dan membentuk secara sambung-menyambung bahan-bahan dasar plastik yang disebut monomer. Sampah plastik jumlahnya semakin lama semakin bertambah, dari 825 ton tahun 2006 meningkat 1038,5 ton pada tahun 2008. jumlah tersebut akan meningkat di tahun-tahun mendatang, yang peningkatanya sekitar 10% pertahun.Dari data diatas maka perlu dibuat sebuah alat untuk merubah bahan plastik menjadi bentuk lembut/biji plastik agar mudah dalam pendauran ulang.karena sifat plastik sendiri tidak bisa di daur ulang alami oleh tanah di bumi.
Penelitian ini dilakukan menggunakan bahan plastik dengan ukuran besar masuk ke tempat pencacahan, bahan dirobek,ditarik, diremukkan,dan dihancurkan oleh dua buah silinder tersusun pisau pencacah atau penghancur berputar berlawanan arah dan bahan menjadi lunak. Dengan mengatur variasi putaran mesin sebesar 200, 300 dan 400 rpm dan variasi bahan plastik berupa wadah nasi yang berbahan utuh dan berlubang.Putaran mesin diukur dengan tachometer. Proses pencacahan diukur waktunya dengan stopwatch. Hasil cacahan diukur lebar dan tebal menggunakan jangka sorong. Pengambilan data dilakukan sebanyak 3 kali untuk dihitung nilai rata-ratanya. Hasil pengolahan data ditabelkan dan digrafikkan serta dilakukan analisis.
Hasil data penelitian terhadap pengaruh variasi putaran mesin terhadap unjuk kerja mesin pencacah plastik, dengan perubahan berat hasil cacahan dipengaruhi dari putaran rpm yang mana semakin kecil pada angka (6,68) maka ukuran bentuk pada kecepatan rpm 200.Melainkan dalam rpm besar maka perubahan berat hasil cacahan menunjukan angka (12,6) ukuran bentuk pada kecepatan rpm 400 di bahan plastik utuh.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 AHM p
Penerbit UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI : BANYUWANGI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75 AHM p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this