Image of TRANSFORMASI (Journal Of Mathematics Education & Mathematics) III

Text

TRANSFORMASI (Journal Of Mathematics Education & Mathematics) III



Manusia merupakan mahkluk yang unik karena memiliki kombinasi kemampuan yang berbeda dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupannya, yang disebut sebagai kecerdasan majemuk. Salah satu permasalahan yang dihadapi manusia ada dalam proses pembelajaran, salah satunya matematika. Pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman yang baik agar dapat diaplikasikan dalam hal-hal lain di kehidupan. Pemahaman itu dikenal sebagai pemahaman matematis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan pemahaman matematis siswa ditinjau dari kecerdasan majemuk unggulannya. Responden penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tegaldlimo sebanyak 137 siswa atau 50% dari jumlah siswa kelas VIII yang kemudian diambil 1 subyek dari tiap kecerdasan unggulan untuk dijadikan subyek penelitian. Penentuan subyek dengan metode purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi, dengan wawancara berfungsi sebagai triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) dapat diidentifikasi adanya 9 jenis kecerdasan majemuk diantara responden yang diteliti; 2) subyek penelitian dengan kecerdasan bahasa atau lingustik intelegency, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, intrapersonal, musikal, naturalis, dan eksisitensial memiliki pemahaman matematis yang baik, dan 3) subyek penelitian dengan kecerdasan interpersonal belum memiliki kecerdasan matematis yang baik.


Ketersediaan

J000015050 TRA T C=1My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
050 TRA T C=1
Penerbit Uniba : universitas pgri banyuwangi.,
Deskripsi Fisik
xviii; 68 hlm, uk. 20 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
050
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this