Image of SOSIOEDUKASI II

Text

SOSIOEDUKASI II



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (group investigation) apakah dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Berguling (Roll) pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun yang dipakai sebagai subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Melaya tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, yang rata-rata aktivitas belajar berguling (roll) secara klasikal mencapai 56,83 % dan rata-rata hasil belajar berguling (roll) ke depan secara klasikal mencapai 56,83 % serta rata hasil belajar berguling (roll) ke belakang secara klasikal mencapai 56,2 %. Hal ini tercermin dari penerapan model pembelajaran konvensional.
Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode observasi terhadap kemunculan indicator aktivitas belajar dan hasil belajar berguling diperoleh..
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe GI (group investigation) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling (roll). Ini terbukti dari hasil aktivitas belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 7,5 dan siklus II rata-rata 9,0. Untuk hasil belajar berguling (rool) ke depan pada siklus I diperoleh rata-rata 80 dan hasil belajar berguling (roll) ke belakang pada siklus II diperoleh rata-rata 95. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II naik sebesar 1,5 % dan ketuntasan hasil belajar naik 2,5 %. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI (group investigation) dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Aktivitas dan Hasil Belajar Berguling (rool).


Ketersediaan

J000008050 SOS T C=1My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
050 SOS T C=1
Penerbit : universitas pgri banyuwangi.,
Deskripsi Fisik
xviii; 30 hlm, uk. 20 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
25411-612X
Klasifikasi
050
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
KEDUA
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this